KulinerSolo

4 Kuliner Khas Solo Yang Wajib Kamu Coba

4 Kuliner Khas Solo Yang Wajib Kamu Coba

Solo surga kuliner, sebutan itu disematkan karena banyaknya aneka kuliner di kota Bengawan ini. Sudah dari dulu sebutan ini melekat. Kelezatan kuliner khas Solo pun tak diragukan lagi. Dari generasi ke generasi kuliner-kuliner khas ini masih bertaham. Mereka melegenda dan mengutkan Solo sebagai surga kuliner.

  1. Nasi Liwet Wongso Lemu

Belum lengkap rasanya, berkunjung ke Solo tanpa mencicipi gurihnya nasi liwet. Nasi putih dengan rasa gurih dengan teman sayur labu siam, suwiran ayam, telur rebus, dan sedikit areh (santan kental) adalah perpaduan yang membentuk sajian khas kota Solo bernama nasi liwet.

Rasa gurih dari nasi yang dimasak menggunakan santan adalah yang utama. Lalu dipadu dengan sayur labu pedas manis membentuk cita rasa yang khas. Belum lagi ditambah areh, semakin menambah cita rasa gurih dari kudapan ini. Nasi liwet biasanya disajikan dalam pincuk daun pisang yang kental dengan nuansa tradisional.

Kuliner ini biasa dijajakan di pagi hari maupun di malam hari, keberadaannya sangat mudah ditemui dan dicari di berbagai sudut kota Solo. Salah satu rujukan nasi liwet khas Solo yang sudah melegenda adalah Nasi Liwet Wongso Lemu di daerah jalan Teuku Umar, Keprabon.

  1. Gudeg Ceker

Dari sekian banyak kuliner lawas di Solo, Gudeg Ceker menjadi salah satunya. Gudeg Ceker ini sudah ada sebelum tahun 1970-an dan masih mempertahankan lokasinya di trotoar Jl. Monginsidi, Margoyudan, Solo, Jawa Tengah.

Yang menarik dari Gudeg Ceker ini adalah bukanya bukan sore atau pagi hari seperti layaknya gudeg-gudeg yang lain, melainkan sekitar jam 01.00 dini hari sampai pagi sekitar jam 06.00-07.00 WIB. Namun menjelang subuh, biasanya Gudeg Ceker sudah habis dibeli pelanggan. Meskipun hanya buka pada dini hari, gudeg ini menjadi incaran bagi para pemburu kuliner yang dilanda kelaparan selepas tengah malam.

Sajian Gudeg Ceker terasa semakin nikmat dengan kuah serta bumbu areh berwarna putih pucat yang disiram di atasnya. Sambel gorengnya juga istimewa. Kerupuk rambak kulit sapi benar-benar terasa. 

  1. Tengkleng

Tengkleng merupakan hidangan khas Solo menyerupai gulai namun memiliki kuah lebih encer dan berisi tulang kambing dengan sedikit daging yang menempel. Selain kelezatan yang tak diragukan, cara penyajian tengkleng di atas pincuk memberi kenikmatan. Olahan daging kambing memang banyak digemari.

  1. Timlo

Jalan-jalan ke Solo kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi sajian kulinernya. Ada beberapa kuliner khas yang menjadi ciri khas Solo. Salah satu kuliner terkenal yaitu soto timlo. Makanan dengan rasa gurih-gurih segar ini selalu dicari orang yang berkunjung.

Timlo Solo merupakan hidangan berkuah, terdiri dari mie soun, potongan sosis Solo, suwiran ayam, wortel dan irisan telur masak kecap. Terkadang ditambah irisan hati ayam dan telur dadar di dalamnya. Kemudian, disiram dengan kuah bening seperti sop. Masakan ini rasanya gurih dan segar seperti soto, namun juga terdapat cita rasa sup di dalamnya. Sebagian orang yang sudah mencicipinya bahkan menyebutkan bahwa timlo merupakan gabungan rasa soto dan sup.

Facebook 0
Twitter
WhatsApp
Email
images
klik disini dan temukan destinasi wisata yang ingin dikunjungi
Hosting Unlimited Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *