CirebonKuliner

5 Kuliner Cirebon Yang Wajib Kamu Coba

5 Kuliner Cirebon Yang Wajib Kamu Coba

  1. Nasi Jamblang

Nasi Jamblang merupakan salah satu kuliner khas Cirebon yang diburu warga lokal dan kini wisatawan yang semakin banyak berkunjung ke daerah yang dijuluki kota Udang ini. Nasi Jamblang disebutkan merupakan kuliner yang berasal dari Desa Jamblang yang berada di pinggiran kota Cirebon, yang merupakan daerah asal kuliner ini. Nasi itu dibungkus dengan daun jati, dan dilengkapi berbagai lauk pauk antara lain tempe, telur dadar, sambal cabai dan lain-lain.

  1. Mie Koclok

Mie atau mi Koclok ini merupakan makanan yang berasal dari kota Cirebon, rasanya juga enak, bagi penggemar mie wajib mencoba mi Koclok ini. Selain Cirebon sebagai kota asal mie ini, Anda juga dapat menemukan penjual mie ini di beberapa daerah lain di provinsi Jawa Barat. Apabila Anda berkunjung ke kota Cirebon, maka Anda sebaiknya mencoba kelezatan dari mi ini. Saya jamin Anda bakal ketagihan dan ingin menyantapnya lagi beberapa hari berikutnya. Mi koclok menggunakan campuran bawang merah, bawang putih, juga ada ubinya. Namun mungkin yang menjadikannya berbeda dibandingkan mi Yamien dan mi pangsit yang banyak ditemukan di Jawa Timur, mi Koclok ini menggunakan bahan santan untuk kuahnya, jadi Anda akan memakan mi yang lebih berminyak.

  1. Empal Gentong

Empal gentong adalah makanan khas masyarakat Cirebon, Jawa Barat. Makanan ini mirip dengan gulai dan dimasak menggunakan kayu bakar di dalam gentong. Daging yang digunakan adalah usus, babat dan daging sapi. PERNAH dengar nama empal gentong? Makanan khas Cirebon yang lezat ini masih terus eksis hingga sekarang. Banyak pedagang yang menjajakan dari mulai menggunakan gerobak hingga restoran ternama.

Bisa dibilang empal gentong hampir serupa dengan gulai, namun yang paling membedakan adalah cara memasaknya. Empal gentong memiliki keunikan karena dimasak di dalam sebuah gentong.

Empal gentong pertama kali diperkenalkan dari Desa Battembat, Cirebon. Lalu mulai berkembang ke berbagai pelosok di kota ini. Gentong yang digunakan terbuat dari tanah liat. Alasan menggunakan gentong sebagai alat masak adalah diyakini cara ini membuat cita rasa menjadi lebih nikmat. Bumbu juga akan semakin meresap ke dalam potongan isian, yaitu daging sapi, usu, babat, dan kikil.

Sebagai pelengkap rasa, empal gentong biasanya ditaburi kucai dan serbuk cabai. Satu porsi empal gentong disajikan dengan sepiring nasi atau lontong dan juga dorokdok. Dorokdok adalah kerupuk dari bahan kulit sapi atau kerbau. Perpaduan yang pas untuk disantap.

  1. Nasi Lengko

Berbagai makanan khas yang ada di Indonesia banyak sekali jenisnya mulai dari ujung barat sampai ke ujung timur Indonesia. Semua daerah punya makanan khas masing- masing. Seperti di Jawa Barat, ada masakan bernama Nasi Lengko. Nasi lengko memiliki rasa yang sangat enak sekali bila disajikan untuk dijadikan. Sebagai menu makan anda juga keluarga. Nasi lengko ini berada di diberbagai daerah misalnya Indramayu, Brebes Tegal, Cirebon dan daerah lainnya. Namun, dari sekian banyak daerah yang terdapat nasi lengko ini pasti ada sedikit perbedaan dalam hal campuran bahannya. Hidangan nasi lengko biasanya dihidangkan memakai perpaduan nasi juga mentimun, orek tempe, toge, kerupuk juga sambal kacang.

  1. Gado-Gado Ayam

Ada satu kuliner yang wajib Anda coba ketika sedang berada di kota Cirebon, Jawa Barat. Mungkin agak jarang orang mencari kuliner yang satu ini karena rata-rata mencari nasi jamblang, nasi lengko atau empal gentong. Isi gado-gado ayam ini ada lontong, tauge, telur, tahu, timun, kentang, sewiran ayam, emping, kerupuk dan taburan bawang goreng. Gado-gado ini berkuah kuning. Kuah ini terbuat dari olahan kuah kaldu ayam. Ayam yang digunakan juga ayam kampung dan kuah ini mirip kuah opor.

Facebook 0
Twitter
WhatsApp
Email
images
klik disini dan temukan destinasi wisata yang ingin dikunjungi
Hosting Unlimited Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *