KulinerSumedang

8 Kuliner Khas Sumedang yang Harus Kamu Coba

8 Kuliner Khas Sumedang yang Harus Kamu Coba

  1. Tahu Sumedang

Tahu Sumedang adalah tahu khas daerah Sumedang, Jawa Barat. Tahu Sumedang yang berukuran kecil tanpa isian ini memang terasa gurih dan nikmat. Rasanya akan makin sedap ketika ditambah dengan cabai rawit hijau yang pedas. Jika dibeli dalam jumlah banyak, umumnya menggunakan bongsang, anyaman bambu yang dapat memuat 25-100 buah tahu goreng.

  1. Ubi Cilembu

Ubi Cilembu’ adalah kultivar ubi jalar merupakan ras lokal asal Kecamatan Pamulihan, Sumedang, Jawa Barat. Ubi jalar ini populer di kalangan konsumen semenjak tahun 1990-an.

  1. Salak Bongkok

Kalau mencicipi salak Bongkok, akan diperoleh citarasa buah menyegarkan yang berasal dari rasa manis berpadu sedikit masam salak tersebut. Para pembudidaya tanaman salak menilai bahwa rasa khas salak Bongkok itu karena pengaruh tanah dan iklim setempat. Karena itu, jika salak Bongkok ditanam di daerah yang karakter alamnya berbeda jauh dengan habitat aslinya, tentunya akan merubah rasa khasnya itu.

Tidak hanya rasa dan tampilannya yang khas, para peneliti juga menemukan manfaat salak Bongkok untuk kesehatan seperti adanya kandungan antioksidan yang sangat baik dalam menunjang kesehatan tubuh.

  1. Sawo Sukatali

Siapa yang tidak kenal Sawo Sukatali asal Desa Sukatali Kecamatan Situraja. Bagi warga Sumedang atau warga yang kerap melintas ke jalur Darmaraja-Tasik, mungkin tidak asing lagi. Sebab, Sawo itu dijejerkan di kios-kios di pinggir jalan. Ternyata, kepamoran Sawo Sukatali itu tembus ke luar negeri.

keunikan rasa Sawo Sukatali jadi ciri tersendiri dan khas Desa Sukatali, Kecamatan Situraja. Sawo tersebut saat ini bukan hanya menggaung di sekitaran wilayah Sumedang dan sekitarnya, tapi sudah bisa tembus ke mancanegara.

  1. Soto Bongko

Selama ini kuliner Sumedang identik dengan camilan tahunya. Namun sebenarnya, kuliner Sumedang bukan hanya soal tahu saja. Sumedang juga memiliki varian soto khas asli dari wilayahnya. Soto Sumedang ini dikenal dengan nama soto bongko.  

Soto bongko disajikan dengan campuran lontong, toge rebus, potongan tahu sumedang, dan bawang goreng. Semua isian soto ini disiram dengan kuah kari kental yang masih panas mengepul. Untuk menambah rasa, kecap manis pun ditambahkan dalam sajiannya. 

Sebagai pelengkapnya, soto bongko disajikan dengan tambahan emping renyah dan sambal untuk sensasi rasa pedasnya. 

  1. Opak Oded

Sebagai pusat produksi opak di Sumedang, wilayah Kecamatan Conggeang memiliki banyak industri opak. Salah satu produsen opak yang sudah terkenal di wilayah Conggeang adalah Opak Oded. Opak Oded bisa disebut perintis dari usaha industri opak di Kecamatan Conggeang. 

  1. Opak Ketan

Salah satu Opak yang terkenal kelezatannya adalah Opak Ketan Sumedang. Opak Ketan Sumedang yang banyak diburu oleh masyarakat lokal maupun wisatawan adalah Opak Ketan Conggeang dan Opak Ketan Cimanggung. Opak Ketan Conggeang mempunyai keunggulan terbuat dari sari kelapa yang khas dicampur dengan beras ketan pilihan dan melalui proses pembuatan yang sempurna sehingga memberikan cita rasa khas yang tidak terlupakan di lidah.

  1. Sale Pisang

Sale pisang merupakan makanan ringan yang terbuat dari pisang ambon, sangat gurih dan renyah ketika digigit. Rasa manis sale pisang itu manis alami tanpa pemanis buatan. Ada berbagai pilihan jenis sale pisang, sale pisang lebar, pipih, lidah, edun, basah, jari, keju, coklat dan stik.

Saat ini sale pisang mudah ditemui di berbagai kota di Indonesia. Sale pisang ini sebagian besar berasal dari Sumedang, tepatnya dari daerah Panyingkiran. 

Facebook 0
Twitter
WhatsApp
Email
images
klik disini dan temukan destinasi wisata yang ingin dikunjungi
Hosting Unlimited Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *